Rabu, 16 Maret 2011

Pencobaan Tuhan Yesus Riil?

 MATIUS  4:1-11

Pencobaan seringkali dilihat dari sisi negatif saja, padahal kalau mau jujur bisa dlihat secara positif, misalnya menunjukkan indikasi dari keberadaan iman seseorang.  Perhatikanlah ketika anda dicobai /diuji dalam hidup, reaksi iman saudara sangat menentukannya!.Bicara Pencobaan Tuhan Yesus tentu sangat BERBEDA dengan pencobaan manusia.  Seringkali kita langsung mengaplikasikannya dengan diri kita sendiri tanpa tahu maksud teks dan konteks ditulis !! SANGAT BERBEDA, DIA dicobai padahal DIA ALLAH, sedangkan kita dicobai krn pelanggaran,dosa, dan segala keburukkan hidup kita ! namun demikian teks ini pasti mempunyai arti bagi kita pembaca saat ini, untuk itulah dituliskan.  Apa maksud pencobaanNYA? Bukankah DIA Tuhan? …Apa maksud Matius menuliskannya?  Tentu menunjukkan Mesias yang dijanjikan memang kini hadir ditengah umatNYA, sudah terbukti! Salah satunya dengan melihat teks ini .
 Pencobaan = Yesus adalah ALLAH sejati dan MANUSIA sejati !
Di Injil Lukas 4: 13  dikatakan Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.  Penjelasan teks ini menunjukkan bahwa pencobaan Tuhan Yesus adalah pencobaan yang riil adanya, mengapa iblis menunggu waktu yang tepat dan baik ?? (menyangkal akan penolakkan terhadap pencobaan yg tdk riil !).  Ketika Tuhan Yesus mengambil rupa manusia, IA memang merendahkan diriNYA dan rela dibatasi oleh keberadaan sebagai manusia sejati (tanpa dosa),  namun demikian IA tidak meninggalkan ke-ilahianNYA yang ada di dalam diriNYA (DIA menanggalkan, dan tidak mungkin meninggalkan keilahianNYA)
Pencobaan ini menunjukkan ALLAH sejati dan MANUSIA sejati.  Yesus berada di posisi kebutuhan yang sangat akan rasa lapar, haus sebagai mana manusia pada umumnya, berarti ia bisa dicobai tetapi tidak jatuh ke dalam dosa karena keilahianNYA.  Iblis tahu akan posisi Tuhan Yesus ini, ia tidak kenal waktu dan lelah untuk menyerang dan menggoda TUHAN Yesus, ia selalu tidak putus asa untuk mencari celah dan peluang “menjatuhkan” dari kerelaanNYA menjadi manusia sejati !   Oleh sebab itu Iblis menggunakan kata-kata “jika Engkau Anak ALLAH” bukan “karena engkau manusia “ yang menyatakan keilahianNYA yang ia mau supaya lebih ditonjolkan dan melawan keterbatasan sebagai manusia !  Iblis tahu persis bahwa Tuhan Yesus mampu melakukan apapun karena DIA Allah, dia ingin Yesus menyatakannya bukan dengan maksud meninggikan keilahianNYA, tetapi menunjukkan ketidaktaatan TUHAN YESUS kepada keterbatasan sebagai manusia !
Aplikasi : Tuhan Yesus memang ALLAH yg menjadi manusia.  DIA tahu semua penderitaan manusia, karena itu IA mengerti kesusahan manusia!!
Pencobaan : Tuhan Yesus memenuhi KETAATAN  (band. Adam Pertama dan Bangsa Israel)
“Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus”
Apa sebenarnya pengharapan dari keselamatan manusia ?  Jika pada masa PL, kita mengenal Adam sebagai manusia pertama, manusia yang seharusnya dapat diharapkan memenuhi akan ciptaan ALLAh, yang sempurna karena memang diciptakan sangat baik; serupa dengan gambar ALLAH; dikarunia berbagai berkat dan anugerah; hidup di taman Eden yang indah dan hidup berelasi dengan ALLAH secara langsung-  Adam pertama ini telah gagal untuk menjadi ciptaan yang dapat memuliakan ALLAH, tentunya juga gagal dapat menjadi teladan bagi manusia lainnya; semua karena DOSA yang sudah masuk dalam kehidupan manusia !!  Allah memilih kembali ISRAEL, suatu bangsa yang dipilih .  Pemilihan ini tentunya bermaksud bangsa Israel dapat menjadi contoh bagi bangsa2 lainnya; Israel dipenuhi dengan janji ALLAH sebagai umatNYA yang mendapatkan hak-hak khusus.  Apakah bangsa ini berhasil menjadi cermin dan teladan?  Israel telah gagal – kerajaannya (722) terpecah menjadi utara dan selatan; hidup seringkali dalam krisis (pemerintahan,moral, iman dan keteladanan).  Israel telah gagal membawa manusia mengenal akan ALLAH !
Ketika dalam pencobaan di padang gurun, ditengah kesengsaraan kemanusiaan yang hebat, TY tampil sebagai pemenang yakni dengan penollakkannya terhadap segala yang ditawarkan si jahat !  karena itu iblis segera pergi daripadanya, dan malaikat –malaikat datang melayani TY !  Disinilah harapan manusia kembali bangkit !! Yesus oknum satu2nya yang dapat MENOLAK serangan kuasa jahat,KetaatanNYA membuktikan IA harapan dunia dan keselamatan Manusia ! Adam pertama telah gagal; Adam kedua telah menggenapi akan ketaatan kpd ALLAH !!
Aplikasi : Kemenangan Kristus memberi teladan dan harapan kemenangan umatNYA atas pencobaan /ujian.  DIa mencontohkan diri sebagai manusia, maka DIA memberi harapan mereka yang sedang ada dalam pencobaan!
Pencobaan : Sikap dan Keteladan Tuhan Yesus
Perhatikan  ayat 4,6,8,9.
Menurut teory maslow pada hierarkhi of needs, manusia mempunyai beberapa tingkatan kebutuhan .  Hampir seluruh kebutuhan2 itulah yang dalam pencobaan Tuhan Yesus diserang oleh iblis, yakni kebutuhan fisik (lapar ), kebutuhan dihargai krn prestasi dan aktualisasi diri ( Bukankah TY dicobai untuk DIA dapat menunjukkan keberadaanNYA sebagai ALLAH yang berkuasa dan memiliki kemampuan melebihi manusia lainnya, tetapi DIA tetap memilih utk taat kepada keterbatasanNYA sebagai manusia). 
Iblis menawarkan apa yang sangat dibutuhkan manusia, ia tahu kelemahan setiap kita.  Tidak heran jika ada anak Tuhan terlibat hutang besar (menggunakan credit card) karena memenuhi kebutuhan / nafsu fisiknya semata-mata.  Atau ada anak Tuhan yg haus akan kedudukkan, kuasa sampai tidak memiliki etika yg benar untuk mencapainya.   Semua kita mempunyai potensi besar untuk dapat jatuh dalam pencobaan !  Mungkin bukan menggunakan uang orang lain, tetapi jika menghamburkan uang dgn tdk bertanggungjawab padahal kita adalah bendaharaNya, juga jatuh dalam pencobaan bukan?...Mungkin kita tdk korupsi, tetapi jika kita terus berinvestasi /mengumpulkan bagi dirinya sendiri, sedangkan banyak orang hidup miskin, kelaparan..bukankah kita jatuh dalam pencobaan ?
Tuhan Yesus menolak semua itu dengan “ada tertulis”…itu berarti Firman Tuhan memberi kemampuan yang handal untuk menolak pencobaan.  Tuhan Yesus juga memberikan manusia teladan karena IA mengangkat harkat dan martabat manusia bukan dibawah makanan /fisik; bukan dibawah kekuasaan /kedudukkannya tetapi dikembalikan dibawah Penciptanya, melalui firmanNYA !
Bagaimana supaya kita bisa melawan semua pencobaan ?  Pelajaran teks hari ini adalah :
  • Tuhan Yesus memperhatikan dan turut prihatin dengan hidup kita !
    Tuhan Yesus memberi kuasa supaya kita menang atas pencobaan, karena kemenanganNYA
    Tuhan Yesus memberi teladan untuk mempersenjatai diri dengan FirmanNYA…
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gereja, Prapaskah dan Covid-19 ( jatim darurat bencana covid 19, 20 maret 2020) Masa Prapaskah 2020 diiringi dengan situasi ...